Tata Cara Perkandangan Burung Puyuh Yang Tepat

Tata Cara Perkandangan Burung Puyuh Yang Tepat – Kandang adalah salah satu komponen penting dalam pemeliharaan puyuh. Hal ini disebabkan kandang adalah lingkungan terkecil tempat puyuh hidup dan taerproduksi Segala aktivitas keseharian puyuh dilewatkan di dalam kandang, sehingga upaya untuk memberikan kondisi yang baik dan nyaman bagi puyuh akan berimbas pada hasil produksi yang tinggi.

Tata Cara Perkandangan Burung Puyuh Yang Tepat

Untuk memberikan kondisi kandang yang terbaik, kandang harus ditempatkan di lokasi yang memenuhi beberapa persyaratan teknis sebagai berikut.

a. Jauh dari Permukiman yang ramai
Puyuh adalah hewan yang sangat peka terhadap suara, sehingga kebisingan dan suara hiruk-pikuk yang terjadi di lingkungan sekitamya menyebabkannya mudah stres. Stres. dalam skala kecil hingga besar, akan menimbulkan penurunan produksi. Karenanya, kandang harus ditempatkan jauh dari lokasi permukiman penduduk. Selam beimanfaat bagi puyuh agar tidak mudah stres, masyarakat pun tidak terganggu oleh bau yang ditimbulkan oleh kotoran puyuh.

Disebabkan kepekaan puyuh terhadap suara, sebaiknya atap kandang tidak dibuat dari seng karena bisa menimbulkan suara bising. Jika keadaan memaksa peternak mengusahakan peternakan puyuh di lingkungan padat penduduk, petemak bisa menempatkan kandang-kandang puyuh di dalam ruangan yang agak tertutup, sehingga suara bising dari luar agak berkurang. Sementara itu, mengurangi bau menyengat dari kotoran puyuh, bisa menggunakan zeolit yang akan dijelaskan di bab selanjutnya.

b. Letaknya Lebih Tinggi daripada Bangunan Lain
Agar kondisi nyaman bagi puyuh, terutama pada siang han, kandang harus memiliki sirkulasi udara yang lancar. Karenanya, kandang harus dibangun di tempat yang lebih tinggi, dengan harapan sirkulasi udaranya cukup baik. Selain ketinggian tempat, bahan pembuat kandang pun harus diperhatikan. Sebaiknya digunakan kawat ram atau bambú yang dipasang dengan jarak tertentu, sehingga sirkulasi udara bebas keluar masuk. Ketinggian tempat juga dimaksudkan untuk menghindari terjadinya genangan air jika turun hujan. Genangan air di sekitar kandang secara langsung bisa menyebabkan penyakit pernapasan dan secara tidak langsung bisa memper-cepat perkembangbiakan serangga, seperti nyamuk, yang bisa menjadi vektor atau perantara penyebaran penyakit.

c. Arah Sinar Matahari
Sinar matahari memiliki kemampuan membunuh kuman penyebab penyakit, sehingga sangat penting membangun kandang dengan memperhatikan sinar matahari, terutama pada
pagi hari. Kandang sebaiknya dibangun membujur ke arah timur-barat. Selain membunuh kuman penyakit, sinar matahari juga akan mengurangi kelembapan kandang dan membantu síntesis vitamin D di dalam tubuh puyuh.

d.  Ukuran Kandang
Sebagai sebuah usaha yang berorientasi ekonomi, kandang harus dibuat dengan perhitungan yang mempertimbangkan aspek efektivitas dan efisiensi, yang dalam hal ini adalah penggunaan lúas kandang secara optimal. Secara umum, ukuran kandang kolom bagi puyuh berukuran 1 x 1 m2 dengan tinggi 30-35 cm. Agar memudahkan pengambilan telur, sebaiknya lantai kandang dibuat agak miríng sekitar 15 atau 20°. Tingkat kemiringan seperti ini bisa membuat telur-telur yang dihasilkan puyuh terkumpul di tepi kandang. Untuk meningkatkan efisiensi penggunaan luasan kandang, kandang koloni bisa dibuat bertingkat. Berdasarkan pengalaman di lapangan, biasanya peternak membuat kandang koloni 3-5 tingkat.

e. Tempat Makan dan Minum Burung Puyuh
Hingga saat ini belum ada tempat pakan dan minum didesian khusus untuk puyuh. Namun, hal ini tidak harus membuat petemak befkeál hati. Aneka tempat pakan dan minum untuk ayam ras bisa digunakan untuk puyuh, terutama puyuh grower dan layer. Tentu saja dengan melakukan modifikasi di beberapa bagian. Maksudnya agar pakan dan minum tidak mudan terinjak-injak puyuh, tidak bercampur dengan kotoran, serta mencegah agar puyuh tidak tenggelam di tempat air minum.
Selain dapat diperoleh dengan membeli, tempat pakan dan minum juga bisa dibuat sendiri
dan bahan-bahan yang mudah diperoleh, seperti triplek untuk tempat pakan atau bambú atau pipa paralon untuk tempat pakan dan minum. Tentu saja pembuatannya tetap harus mempertimbangkan aspek keamanan bagi puyuh yang dipelihara. Tempat pakan dan minum yang terbuat dan bambú atau pipa paralon secara ekonomis menguntungkan, karena harganya murah dan ukurannya bisa disesuaikan dengan ukuran kandang. Penempatannya bisa diatur sesuai dengan kebutuhan dan tidak terlalu memerlukan tempat yang lúas, misalnya dengan ditempatkan di sisi kiri, kanan, atau bagian depan kandang.

f. Kebersihan Kandang
Salah satu perencanaan usaha ternak puyuh yang jarang diperhatikan yaitu kebersihan kandang. Kandang yang bersih berpengaruh positif bagi pertumbuhan dan perkembangan puyuh. Puyuh akan terus dalam keadaan sehat, karena bibit-bibit penyakit tidak nyaman hidup di tempat yang bersih. Pakan puyuh umumnya memiliki kadar protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan pakan ayam ras, sehingga bau yang ditimbulkan pun lebih menyengat. Mengurangi bau yang timbul bisa dilakukan dengan pembersihan kandang setiap hari. Pemberian ekstrak jahe dan kunyit yang dicampur dengan pakan juga bisa mengurangi bau.
Selain menjaga kebersihan kandang setiap hari, periode kosong kandang harus dilakukan secara ketat. Periode kosong kandang merupakan suatu periode saat kandang dikosongkan (diistirahatkan) selama 3-4 minggu.

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.